IKAN HAMPALA



Salah satu spesies ikan air tawar yang banyak hidup di perairan Indonesia adalah ikan Hampala. Ikan Hampala sejenis karper dan masuk dalam spesies Cyprinidae.
Untuk pemancing yang ingin mendapatkan sensasi strike yang menantang maka ikan ini sangat cocok karena ikan Hampala mempunyai karakter yang lincah dan bertenaga.
Ikan hampala merupakan jenis ikan yang luar biasa karena ikan ini bisa lari dengan kencang dimana ciri ini hanyalah sebagian dari semua ciri yang melekat pada diri ikan yang memiliki sosok yang gagah ini.
Ikan Hampala memiliki rahang yang sangat kuat dengan sisik berukuran besar dengan noktah hitam pada samping badan yang bisa membengkokkan kail trebel yang berukuran cukup besar.
Ikan Hampala tidak mempunyai gigi, akan tetapi ikan ini mampu memangsa umpan yang cukup besar karena memliki ukuran mulut lebar yang dikombinasikan dengan kekuatan rahang.
Para pemancing di Jawa biasa menyebut ikan Hampala dengan nama tempalung atau palung. Ikan Hampala biasanya ditemukan di sungai yang ada di seluruh wilayah Indonesia dan malaysia.


 


Selain mempunyai gaya yang menarik dan atraktif pada saat menyantap umpan, ikan Hampala juga mempunyai ciri fisik yang sangat menarik. Pada saat menyantap umpan ikan ini akan menerjang umpan lalu melahapnya dengan suara dentuman yang keras “byur” kemudian melesat dengan cepat membawa umpan. Setelah itu ikan ini akan melumat umpan tersebut dengan cepatnya. Untuk kail yang keras akan menjadi lembek jika dikunyah oleh ikan ini. Sekedar informasi tambahan, di sungai ikan ini bisa ditemukan dalam jumlah yang cukup banyak. Namun sayangnya para pemancing biasanya enggan untuk memancing ikan ini karena umpan ini jarang makan, walaupun sudah dikasih umpan hidup. Sedangkan untuk mancing dengan umpan minnow khusus hampala pun perlu percobaan. Minnow yang dibikin gerakannya genit seperti lenggak-lenggok ikan asli pun malah jarang strike.