UMPAN JIG

umpan pancing jig-head


















Jig adalah nama umpan pancing buatan yang sering kali digunakan oleh para pemancing. Teknik Jigging adalah    teknik yang digunakan saat menggunakan umpan jig. Jig terdiri dari kepala dan bagian tengah (bodi) yang lembut sehingga bisa menarik perhatian pemangsa. Umpan Jig dibuat agar bisa menghasilkan gaya jerky, (gerakan ke atas turun naik) berbeda dengan spinnerbaits yang bergerak secara horizontal. Umpan jig bisa digunakan di laut maupun sungai.



umpan buatan jig






















 Ikan-ikan yang biasanya tertangkap oleh umpan jig ini adalh ikan yang berada di dekat dasar sungai atau laut. Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, kepala umpan jenis jig ada banyak macamnya, bagian kepala akan dibuat semirip mungkin dengan bentuk dan ukuran kepala ikan atau jenis binatang lainnya. Tiga jenis umpan jig yang paling banyak digunakan antara lain; football jighead, flipping jighead, dan grass jighead. Selain bentuk kepala yang berbeda, variasi warna juga banyak digunakan pada umpanumpan pancing Jig-twister ini.













Bagian badan (bodi) dari umpan jig biasanya terbuat dari karett atau silikon yang bentuknya bervariasi mengikuti bentuk kepala dan binatang air bahkan serangga.