PERLENGKAPAN MEMANCING

Anda gemar memancing, atau ingin mulai belajar memancing dan ingin mulai memancing di lautan lepas? nah sebelum itu anda lakukan sebaiknya anda terlebih dahulu harus mengetahui seluk beluk alat pancing, agar kegiatan memancing anda dapat memuaskan. Nah Kalau anda ingin memancing di laut, berikut beberapa alat utama yang anda butuhkan :
ALAT PANCING
JORAN /  ROD


Joran/Rod
Untuk Joran sebaiknya anda memilih jenis yang tanpa sambungan (one piece), atau maksimal sambung dua (two pieces). Bahan yang banyak digunakan adalah fibre glass,Carbon, Grafit, Boron atau Kevlar. Ukuran yang ideal untuk panjang joran antara 120 cm hingga 180 cm. namun Ukuran yang umum digunakan berkisar 5 feet 6 inch s/d 6 feet atau sekitar 168 hingga 180 cm.
Ada baiknya jika anda memilih joran yang ringan dan sedikit kaku (fast taper) untuk reaksi cepat dan akurat. Dan untuk pemilihan joran ini, terserah anda dan sesuai dengan kemampuan finansial anda. Disarankan untuk memilih yang tidak terlalu mahal, dan yang pasti jangan yang teleskopik untuk hasil yang maksimal.



katrol pancing
Reel / Katrol




Reel
Setelah Joran alat kedua yang kita perlukan adalah Penggulung atau Reel, cukup menggunakan sebuah penggulung Spinning Type. Tipe Reel yang baik yang ringan dan memiliki minimal 3 bantalan roda (ball bearing), semakin banyak bantalan roda, semakin baik, dan memilih reel dengan kapasitas kenur 200-400m.
Saran saya untuk peralatan yang satu ini sebaiknya anda tidak membeli penggulung yang tanggung-tanggung, terlebih lagi bukan dari merk ternama . 



senar pancing
Lines / Senar Pancing


Senar/Lines
Dan yang ketiga perlengkapan yang mutlak dimiliki adalah senar atau lines (kenur). Senar/Kenur atau Lines yang umum dan layak digunakan adalah ukuran 8-20 lbs. Untuk pemilihan merk kenur ini, disesuaikan juga dengan kondisi keuangan. Untuk memancing dasar atau bottom fishing dan koncer.






Kail/Hook
Peralatan pancing lainnya yang dibutuhkan adalah kail atau hook. Untuk memancing dengan target ikan dengan berat di bawah 10 kilogram, mata kail yang biasa digunakan adalah no.1,2,5,6,7. Akan tetapi biasanya setiap merk akan berlainan nomornya.
Adapula jenis Kail atau Hook lain yang lainnya dikenal dengan Sabiki atau Kotrek, yakni rangkaian beberapa mata kail (minimal 5 kail) yang dibuat sedemikian menarik, menyerupai makanan ikan sehingga ikan dengan segera menyambar rangkaian pancing ini.
Biasanya SABIKI sangat efektif untuk mancing ikan umpan seperti : selar, tembang, layang, kembung, como, dll. Untuk mancing ikan-ikan ini digunakan nomor 5,6,7 . Untuk jenis ini, harga berkisar 5000-15000 ribu.






Pemberat
Anda juga memerlukan timah atau pemberat yang biasa digunakan adalah nomor 1-3-5-8, dan gunakanlah bentuk memanjang seperti peluru, karena bentuk timah yang bulat oval, mengakibatkan melintirnya kenur.

Kili-kili
Kili-kili ini ada dua macam yaitu kili-kili peniti dan kili-kili biasa. Sebaiknya anda selalu memakai kili-kili di setiap sambungan kenur Utama dengan tali pandu (leader). Ini berguna agar senar atau kenur tidak melintir.

Nikelin
Nikelin atau kawat yang tersedia di semua toko pancing, sangat penting untuk memancing ikan bergigi tajam seperti barracuda dan tenggiri .

Tackle Box
Semua peralatan itu membutuhkan wadah atau tempat penyimpanan agar tidek berserakan, karenanya sebaiknya anda juga membeli kotak peralatan pancing atau yang biasa disebut Tackle Box. Kotak ini berguna untuk membawa semua peralatan ketika kita hendak memancing di laut.
Ada banyak macam pilihan model dan merk kotak pancing ini. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan peralatan anda. Dan pastikan dapat menyimpan perlengkapan anda dengan baik.