Jenis Lumut Untuk Umpan Mancing




Salah satu umpan yang paling sering digunakan oleh para pemancing adalah lumut. Jenis umpan ini biasanya digunakan untuk memancing ikan jenis Nila.
Tidak sulit untuk menangkap ikan Nila dengan menggunakan umpan lumut karena ikan jenis ini termasuk ikan herbivora serta makan serat sisa organik yang terdekomposisi ataupun plankton.



Umpan yang sering digunakan oleh para pemancing terdiri dari 2 jenis yaitu :
  • Lumut Kopyok
Jenis lumut ini berwarna hijau tua dan terlihat mirip seperti rambut. Lumut kopyok sendiri ada yang kasar licin yang sering ditemukan tumbuh di sawah atau kolam.
  • Lumut Jaring
Jenis lumut ini saling bertautan dan mirip dengan jaring yang bersifat kasar dan dengan bentuk yang pendek.
Jenis lumut jaring biasanya berwarna hijau kekuningan atau hijau yang biasanya tumbuh di tempat tertentu seperti kolam atau sawah.
Namun belakangan ini jenis lumut ini sangat sulit ditemukan, mungkin disebabkan oleh semakin berkurangnya persawahan atau lahan basah.
Lumut hanya bisa ditemui di beberapa daerah tertentu yang tumbuh secara liar.
Tentunya dengan kondisi yang seperti ini masyarakat akan menjadi lebih terdorong untuk membudidayakan lumut untuk digunakan sebagai umpan mancing.
Jadi bila anda membutuhkan umpan berupa lumut untuk memancing ikan nila maka anda bisa mendapatkannya di tempat penjual umpan mancing.