PERSIAPAN TROLING DAN CASTING TENGGIRI DAN LEMADANG



1 .  Joran khusus untuk mancing trolling, kalau bisa pakai joran trolling yang ada roller line nya .
2 .  Tapi bisa juga anda menggunakan joran kasting yang solid tube sambung dua .
3 .  Penggulung tali pancing atau reel khusus trolling yang dapat memuat tali pancing dengan kapasitas minimal 350M  sampai  500M  untuk ukuran kelas 30 lbs atau sama dengan 15 Kg .
4 .  Kalau anda pakai joran kasting maka penggulung kastingnya harus yang agak besar supaya muat banyak tali pancingnya minimalnya 250M  untuk ukuran tali pancing 30 lbs = 15 Kg .
5 . Gunakan tali pancing yang berlabel IGFA yang dijamin kekuatannya sesuai dengan label kelas ukurannya .
6 .  Pakai mata kail bermutu yang mempunyai gagang punggung panjang, untuk menghindari dari gigitan ikan wahu atau tenggiri, karena gigi ikan wahu atau tenggiri itu sangat tajam sekali .
7 .  Ukuran mata kail sebaiknya tidak lebih atau kurang dari no. 3/0 atau 5/0 .
8 .  Tali ganda dan tali pandu, anda bisa menggunakan tali ganda apabila anda sudah terbiasa atau tidak pakai tali ganda juga tidak masalah, tapi anda harus pakai tali pandu untuk menghindari gigitan ikan, jangan sekal-kali tali utama langsung ke mata kail, itu sangat berbahaya, karena begitu ikan menyambar umpan dan menggigit umpan tali utama pasti langsung putus, andapun bisa kecewa, tapi pakailah tali pandu yang mempunyai bahan khusus seperti  Nyklin monowire, Nyklin multiwire dan Monofilament Leader, itu terserah anda mana yang anda sukai .
9 .  Gunakan swivel atau kili-kili yang sesuai dengan ukuran tali pancingnya, tapi cukup kuat untuk menahan beban tegangan yang sama atau lebih sedikit dari ukuran tali pancingnya .
swivel
 SIAPKAN  PERALATAN  AKSESORIS  UNTUK  MEMANCING
1 .  Gimbal sabuk joran, untuk dudukan joran sewaktu anda akan bertarung melawan ikan atau strike .
2 .  Hardness pelana untuk punggung supaya anda tidak mudah lelah sewaktu bertarung melawan ikan .
3 .  Sarung tangan dari kulit atau dari bahan yang kuat, untuk menghindari luka akibat dari tali pancing .
4 .  Ganco ikan panjangnya minimal  1.5 m, kalau ada yang  2 m  lebih bagus lagi .
Gimbal sabuk joran


SIAPKAN  UMPAN  UNTUK  MANCING  TROLLING
1 .  UMPAN  IKAN  HIDUP .
2 .  UMPAN  IKAN  MATI .
3 .  UMPAN  IKAN  TIRUAN .
1 .  UMPAN  IKAN  HIDUP
1 .  Ikan untuk umpan mancing trolling wahu, tenggiri dan lemadang yang paling bagus adalah ikan kembung 
2 .  Kalau seandainya ikan kembung susah didapat anda bisa pakai ikan selar banyar atau ikan lemuru .
3 .  Ikan layur ukuran sedang juga sangat bagus untuk umpan mancing ikan wahu, tenggiri dan lemadang .
 UMPAN  IKAN  MATI
1 .  Ikan kembung atau ikan selar banyar dan ikan lemuru .
2 .  Ikan layur ukuran kecil atau ukuran sedang, kalau ukuran yang besar harus di potong-potong dahulu .
3 .  Ikan barakuda yang masih kecil atau ikan tongkol kecil .
4 .  Ikan cumi-cumi ukuran sedang dan ukuran besar .
 UMPAN  IKAN  TIRUAN
1 .  Rapala  lures  ukuran  CD 14  sampai  CD 18 warna biru, hijau, merah putih .
2 .  Daiwa  lures  ukuran sedang  sampai  ukuran besar dengan banyak pilihan warna .
3 .  Skirt  lures  ukuran sedang dari produk konahead atau joe-ye warna hijau, ungu dan kuning .
PERHATIKAN  ATAU  BACA  DAN  PAHAMI  SITUASI  LOKASI  MANCING
1 .  Kondisi cuaca apakah aman atau tidak untuk anda pergi memancing ikan, kalau cuaca cerah angin berhembus sepoi-sepoi tidak pakai basah, maka pertanda baik untuk mulai memancing .
2 .  Arus air laut dibawah permukaan air maksimum 5 knots = 9.26 km/jam cocok untuk menggunakan umpan ikan hidup atau umpan ikan mati .
3 .  Arus air laut dibawah permukaan air maksimum  12 knots = 22.22 km/jam sebaiknya anda menggunakan umpan tiruan saja dari jenis ikan-ikanan atau kepala cumi-cumian, kalau memakai umpan ikan hidup atau ikan mati, umpan akan cepat rusak terkena tekanan kecepatan air .
4 . Kalau kecepatan air laut dibawah permukaan air lebih dari  15 knots = 27.8 km/jam sebaiknya anda hanya menggunakan umpan tiruan dari jenis kepala cumi-cumian saja, tapi bisa juga pakai jenis ikan-ikanan cuma permasalahannya umpan rapala akan mengalami tekanan yang berat sehingga tampak pada stik joran akan melengkung melebihi dari kondisi biasa dan umpan rapala akan terlihat jalannya seperti liar sekali, tapi kalau anda suka dengan situasi seperti ini juga tidak masalah .
MULAILAH  ANDA  UNTUK  MANCING  IKAN  TENGGIRI  dan LEMADANG
       Memancing ikan tenggiri, wahu dan lemadang sebaiknya waktunya itu antara bulan Agustus sampai bulan Desember atau akan mendekati musim angin barat untuk daerah selat sunda dan kepulauan seribu .
Kalau anda akan pergi memancing didaerah kepulauan seribu sebaiknya menggunakan mata kail ukuran 3/0 saja, karena disana ikan tenggiri, wahu atau lemadang tidak terlalu besar paling besar beratnya tidak lebih dari 20 kg saja, itupun jarang didapat, yang umu didapat beratnya antara  5 sampai 12 kg saja .
Anda dapat trolling dengan mengitari didaerah karang gosong yang banyak terdapat disana, umpan favoritnya ikan kembung hidup dan dapat anda trolling dengan kecepatan kapal  2  s/d  3 knots saja .
Ikan wahu, tenggiri dan lemadang sangat menyukai umpan yang bergerak aktif, teknik yang cocok untuk  memancing ketiga jenis ikan ini adalah trolling dan popping, itu terserah anda menyukai teknik yang mana .
Ikan wahu, tenggiri dan lemadang suka bermain-main disekitar karang-karang gosong atau bukit-bukit karang untuk mencari mangsa makanannya, ketiga jenis ikan ini juga suka berkelompok baik dalam jumlah besar maupun dalam jumlah kecil, apabila sudah terkena pancing dan dapat anda angkat kepermukaan, janganlah anda buru-buru pindah tempat tapi putarilah lagi tempat tersebut mudah-mudahan akan ada sambaran lagi, biasanya akan lebih dari 5 kali sambaran pada tempat yang sama juga .
Kalau anda memancing didaerah ujung kulon, anda bisa mencoba hotspot-hotspot mulai dari daerah tanjung lesung – tanjung alang-alang – selat panaitan – pulau peucang – pulau panaitan – karang jajar – karang kereta – batu mandi dan karang sodong dari lokasi hotspot ini biasanya banyak dihasilkan strike ikan-ikan besar .
Untuk memancing didaerah ini sebaiknya anda menggunakan peralatan memnacing yang memadai dan nomor mata kail tidak boleh kurang dari ukuran  5/0 dan tali pancing juga harus diatas 30 lbs dengan kapasitas spool minimal  500m .
Apabila anda memancing ikan wahu, tenggiri dan lemadang didaerah ini dengan menggunakan umpan hidup sebaiknya joran anda jangan ditaruh begitu saja tanpa alat  tali pengaman, lebih baik anda pegang saja dan dudukan pada gimbal sabuk joran juga pasang hardness pelana penahan beban dan kaitkan ke reel yang terpasang pada joran anda .