MACAM LURE BUATAN

  • Popper
Popper merupakan sebuah umpan buatan yang terbuat dari bahan dasar kayu atau fiber yang memiliki banyak jenis dan pilihan bentuk.
Pada umumnya umpan buatan ini mirip dengan seekor ikan yang sedang sekarat. Umpan jenis ini merupakan umpan yang paling disukai oleh ikan-ikan yang berukuran besar.
Umpan buatan popper biasanya dipasang dengan menggunakan treble hook pada bagian ekor atau bagian tengah.
Ciri khas dari umpan buatan popper adalah umpan ini memiliki mulut yang lebar yang agak cekung ke dalam.
Jika disentak-sentak ke dalam air kondisi mulut umpan buatan ini bisa menghasilkan percikan khas air yang semakin membuat ikan sasaran semakin menganggap bahwa umpan buatan ini adalah ikan yang sedang dalam keadaan yang sekarat.
Kondisi mulut popper seperti inilah yang kemudian dapat menimbulkan aksi berupa percikan air khas digunakan dengan cara disentak-sentakan di permukaan air.

  • Lure


Sepertinya ada hal yang harus diluruskan pada istilah kata memancing dimana konehead yang selalu dikaitkan dengan lure adalah 2 hal yang berbeda dimana konehead adalah merk dari produk alat pancing.
Lure merupakan umpan buatan dengan bentuk yang mirip dengan kepala cumi-cumi yang dihiasi oleh rumbai-rumbai yang akan membuatnya terlihat seperti cumi-cumi sungguhan jika ditarik di dalam air.
Bahkan terkadang kepala lure terbuat  dari resin ataupun campuran tertentu. Pada bagian tengah biasanya terdapat sebuah lubang sebagi tempat kail atau  tempat leader. Umpan cumi buatan biasanya digunakan untuk mancing trolling.

  • Plug


Plug adalah umpan buatan yang terbuat dari bahan plastik ataupun kayu maupun. Plug adalah istilah lain yang digunakan untuk menyebut minnow hanya saja plug mempunyai ukuran yang namun ukuran yang lebih kecil.
Pada bagian muka terdapat bibir seperti minnow yang berfungsi sebagai wire ataupun sebagai pengikat leader.
Umpan plug jika digunakan untuk memancing akan menyelam dibawah permukaan air lalu menunjukkan gerakan yang meliuk-liuk.
Kail biasanya ditempatkan di belakang atau di tengah dengan kail treble. Biasanya plug digunakan untuk mancing dengan cara casting baik di waduk, danau, dan sungai.

  • Minnow 

Hampir sama dengan hubungan antara lure dengan konehead dimana banyak pemancing yang sering menyebut minnow dengan nama Rapala, padahal Rapala adalah sebuah merk produk dari Minnow.
Umpan buatan Minnow mempunyai bentuk yang mirip dengan ikan dimana bagian mulut dari umpan ini terdapat lidah yang menjulur. Lidah yang terbuat dari bahan plat besi ini biasa dikenal dengan nama bibir atau lips.
Dalam lips juga terdapat kolongan sebagai tempat lider wire (kawat) ataupun mono. Aksi minnow tergantung di bibirnya dan biasanya menyelam dengan gerakan seperti ikan yang berenang atau meliuk-liuk.
Penempatan kail pancing biasanya ditempatkan pada ekor dan perut dengan menggunakan treble hook. Umpan buatan minnow biasanya digunakan untuk memancing casting ataupun trolling.

Install Popper
Yang dimaksud dengan Install popper adalah pengukuran dari tingkat kestabilan popper yang dilakukan dengan cara menjatuhkan atau memasukkan popper yang ada di dalam wadah ke dalam air laut.
Sebaiknya sediakan air laut secukupnya sebagai langkah awal sebelum melakukan install pada popper. Kemudian tampung dengan menggunakan wadah seperti ember yang panjangnya sesuai dengan popper.
Langkah berikutnya adalah dengan memastikan bahwa posisi popper dalam keadaan yang tegak lurus sebatas leher popper.
Setelan popper yang tidak tepat akan terlihat jika popper terlihat miring dan jika ini terjadi maka anda harus menyetel ulang popper.

Mengganti ukuran mata kail
Bila anda mendapati stabilizer memiliki berat yang kurang maka sebaiknya gunakan mata kail cabang yang memiliki ukuran tiga yang lebih besar dari ukurannya. Contohnya adalah jika awalnya menggunakan ukuran 03 maka cobalah untuk menggantinya dengan nomer 05.
Begitu pula sebaliknya jika anda mendapati stabilizer terlalu berat maka gantilah mata kail dengan ukuran yang lebih kecil. Contohnya adalah jika awalnya anda menggunakan ukuran 05 maka cobalah untuk mengganti dengan ukuran nomer 04.

Mengurangi mata kail
Bila anda mendapati stabilizer terlalu berat maka lepaskan kail yang ada di bagian badan atau dada. Kemudian gunakan hanya satu kail pada bagian ekor.
Khusus untuk popper type pensil, aksi yang baik adalah jika pada saat popper ditarik dengan cepat posisi mulut popper kadang terangkat dari permukaan air, sedangkan bagian badannya masih ada di bawah permukaan. Maka dari itu saat popper menabrak akan timbul percikan yang jauh lebih kecil daripada tipe chuger.
Di sisi lain yang harus diperhatikan dari popper jenis pensil adalah posisi mulut akan selalu dibawah permukaan air jika stabilizernya terlalu berat, namun badan popper akan terangkat hingga ke permukaan jika stabilizernya terlalu ringan.



Menambah atau mengurangi berat popper type Chuger
Apabila posisi kepala atau mulut popper berada di permukaan air (tenggelam) maka penyetelan dilakukan dengan cara menambah atau mengurangi atau stabilizer (pemberat) dengan cara seperti berikut :
  1. Potonglah kawat yang ada pada bagian ekor
  2. Lalu keluarkan timahnya
  3. Kemudian tambahkan atau kurangi beratnya
  4. Jika sudah selesai anda bisa merangkai kembali dengan menggunakan kawat stainless stell ukuran 1,4 mm.

Banyak kekreatifan untuk mengolah atau membuat umpan pancing seperti minnow, popper, plug hingga lure, namun yang lebih penting adalah jika saling berbagi  informasi agar semua pemancing bisa mengetahuinya dengan baik….